Isi Hari Ibu dengan Seminar Nasional Keperawatan

admin   December 23, 2018   Comments Off on Isi Hari Ibu dengan Seminar Nasional Keperawatan

Semarang | Peduli dalam upaya dan partisipasi penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) Melahirkan, program studi Keperawatan FIKKES (Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan) Universitas Muhammadiyah Semarang menggelar seminar yang bertajuk “Evidence Based Practice pada Tata Laksana Kehamilan dengan Preeklampsia/Eklampsia  dan Program ZOOM (Zero Mother Mortality Preeclampsia) Untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI)”, pada Sabtu (22/12/2018). Bertempat di Aula RSGM Unimus, seminar diikuti lebih dari 300 peserta baik dari kalangan mahasiswa, dosen, maupun tenaga kesehatan. Menghadirkan Prof. Dra. Setyowati, S.Kp, M.App. Sc., Ph.D (Guru Besar Ilmu Keperawatan Maternitas Universitas Indonesia) sebagai keynote speaker dengan mengangkat topik “Peran Perawat Dalam Menurunkan AKI Pada Program ZOOM”.

 

 

Hadir untuk memberikan sambutan, Wakil Rektor I Unimus Dr. Sri Darmawati, M.Si. Pihaknya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat tepat dengan peringatan hari Ibu. “Saya berharap semua perempuan dapat menjadi sosok Ibu yang tangguh dan berkualitas sehingga bisa melahirkan generasi yang hebat pula, “ pungkasnya. Lebih lanjut Dr. Sri Darmawati, M.Si. menambahkan bahwa seminar tersebut penting mengingat angka kematian ibu di Indonesia masih cukup tinggi.

 

Acara dilanjutkan dengan panel sesi dari empat pembicara, yakni dr. Putri Sekar Wiyanti, Sp. OG (K) (Konsultan Obstetri Ginekologi Sosial – RSUP Kariadi/FK Undip Semarang) dengan topik “Penguatan Diagnosis Dasar Sebagai Upaya Preventif Dalam Menurunkan Kematian Ibu (Preeklampsia/Eklampsia)”; Dra. Condro Rini,M.Kes  (Wakil Ketua 4 Penggerak PKK Jawa Tengah) dengan topik “Tata Laksana Nutrisi Pada Ibu Hamil Dengan Preeklampsia” ; Dr. Sri Rejeki, M.Kep. Sp. Mat (Wakil Rektor II Unimus) dengan topik “Preeklampsia Berat Pasca Persalinan – Pendekatan Asuhan Keperawatan), serta Ns. Machmudah, M.Kep., Sp.Kep.Mat (Dosen FIKKES Unimus) dengan topik “Aplikasi Teori Keperawatan Pada Asuhan Keperawatan Ibu Hamil Dengan PEB”.